Internet dan Komputasi Awan

Sebelum membahas internet dan komputasi awan  lebih jauh kita harus tahu apa yang dimaksud dengan internet. Apa itu internet?
 Internet (portmanteau dari interconnected network) adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia.Setelah kita tahu apa yang dimaksud dengan internet, mari kita bahas tentang dampak-dampaknya.
Berikut ini adalah dampak-dampak dari internet :
Dampak positif :
1. Kemudahan dalam memperoleh informasi
2. Internet mendukung transaksi dan operasi bisnis atau yang dikenal dengan sebutan e-Bussiness.
3. Digunakan untuk melakukan pembelian barang secara online
Dampak negatif :
1. Orang dapat menjiplak karya orang lain
2. Kejahatan penggunaan kartu kredit
3. Perusakan sistem malalui virus
Setelah itu mari kita bahas tentang komputasi awan.Apa itu komputasi awan ?
Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaSWeb 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna.Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server.Itulah sekilas internet dan komputasi awan teman-teman,semoga bermanfaat bagi kalian.

Kelebihan Cloud Computing

1. Mudah Di Akses dimana saja

Karena menggunakan cloud computing data kita tersimpan di dalam server di internet maka mudah bagi pengguna untuk mengakses data dimanapun dan kapanpun asal terhubung dengan internet.

2. Murah

Penggunaan cloud computing sangat hemat biaya untuk alokasi perangkat keras. Cloud computing juga tidak memerlukan maintenance dan mengurangi pemakaian listrik.

3. Hemat

Kelebihan lain dari cloud computing, dengan adanya sistem komputasi awan memungkinkan perusahaan atau instansi untuk mengurangi infrastruktur komputer yang memerlukan biaya pengadaan dan perawatan cukup besar.

4. Fleksibel

Ketika data yang kita punya terlalu besar maka ia otomatis menambah kapasitas hanya dalam hitungan menit dengan melakukan self-provisioning. Sehingga tidak perlu melakukan penambahan jumlah komputer.

5. Ketersediaan Data

Sistem yang digunakan cloud computing sudah didesain high availability, sistem tersebut sudah berada pada data center yang sudah menjamin ketersediaan listrik, pendingin, dan lainnya yang sudah menjadi fasilitas pendukung selama 24 jam.

6. Skalabilitas

Penggunaan layanan cloud yang menyediakan dan menawarkan penyimpanan sesuai dengan permintaan pengguna, jadi di sini pengguna dapat dengan mudah melakukan manajemen data baik untuk mengurangi atau mereproduksi data yang akan disimpan di server cloud.

7. Aman

Jadi tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan cloud computing karena sudah pasti aman dan terjamin asalkan mencari partner yang memang sudah mempunyai mempunyai sertifikat atau terstandarisasi ISO untuk menjamin keamananya.
 Kekurangan Cloud Computing

1. Bergantung Pada Koneksi Internet

Internet merupakan satu-satunya jalan menuju cloud computing. Ketika tidak ada koneksi internet di tempat Anda, atau jalur internet menuju cloud provider sedang bermasalah, secara otomatis akses ke mesin cloud computing Anda akan terputus.
Nah dari sinilah hambatan terbesar yang tengah terjadi di Indonesia, karena belum semua seluruh wilayah telah terjangkau oleh akses internet.

2. Harus Cari Vendor Yang Sudah Standarisasi untuk Menjamin Keamanan


Dengan menggunakan sistem komputasi awan berarti Anda mempercayakan sepenuhnya atas keamanan dan kerahasiaan data-data kepada cloud provider. Untuk itu anda harus mencari partner cloud computing yang sudah mempunyai sertifikat atau terstandarisasi ISO untuk menjamin keamananya.

Komentar